Oleh: grisaoto | Juli 5, 2015

Bank Sampah Citra Gemilang SMK PGRI 1 Ngawi

kegiatan bank sampahBANK SAMPAH CITRA GEMILANG

SMK PGRI 1 NGAWI.

Berdiri setahun yang lalu, tepatnya bulan juli 2013, diawali dari kegiatan ektrakurikuler OSIS SMK PGRI 1 Ngawi muncul ide untuk membuat Bank Sampah CITRA GEMILANG SMK PGRI 1 Ngawi. Hal tersebut diawali dari keprihatinan Bapak Aan Yudhi Artha sebagai penggagas utama, melihat sampah yang semakin hari semakin tidak sedap dipandang. Padahal dari sampah tersebut akan muncul nilai ekonomis bila dikelola dengan baik. Berawal dari pemikiran yang sederhana inilah Ekstrakurikuler ini lahir.

Bank Sampah CITRA GEMILANG SMK PGRI 1 Ngawi merupakan salah satu kegiatan ektrakurikuler OSIS SMK PGRI 1 Ngawi dalam hal ini berada dalam bingkai sekbid VI OSIS SMK PGRI 1 Ngawi yang membidangi peningkatan jiwa wirausaha dan entrepreanurship. Dalam sekbid VI inilah siswa dikenalkan dan dibekali skill dalam Seni cetak dan sablon, diklat wirausaha, dan Peduli terhadap Lingkungan Hidup.

Bank Sampah CITRA GEMILANG SMK PGRI 1 Ngawi merupakan Ekstrakurikuler rintisan baru, sehingga belajar merupakan sebuah keharus dalam menciptakan terobosan yang jitu dan efisien walaupun keterbatasan dana dalam pelaksanakan kegiatan sering terjadi. Namun itu semua menjadi tantangan untuk meningkatkan jiwa entrepreanurship dan kemandirian. Bank Sampah Citra Gemilang senantiasa bertekat untuk berani bertindak nyata dalam mendukung kelestarian lingkungan.

Sebagai penggagas Bapak Aan Yudhi Artha yang notabene sebagai guru produktif di Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK PGRI 1 Ngawi seorang yang gemar menulis, beliau menyalurkan hobi menulis dalam blog http://www.imajimaya.wordpress . Beberapa tulisan beliau berkait pengelolaan sampah menjadi inspirasi yang kemudian diaktualisasikan dalam langkah nyata yaitu dengan membuat rintisan ektrakurikuler baru yang peduli lingkungan namun masih dalam bingkai kewirausahaan langkah berikutnya adalah membeli timbangan digital sebanyak 2 buah. Bermodal keyakinan, konsistensi dan “2 timbangan digital’, Bank Sampah Citra Gemilang SMK PGRI 1 Ngawi dijalankan.

Bank Sampah CITRA GEMILANG SMK PGRI 1 Ngawi adalah komunitas yang menampung sampah kelas  secara resmi, dibukukan, di saldo kan, dan juga di cairkan keuanganya. Kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah setiap hari senin pagi ada kader Bank Sampah Citra Gemilang atas nama Arip Prasetyo X TITL A dan Lodi Laurensa X TITL B yang membagikan kantong plastik (sak) yang masih baru. Sak tersebut digunakan untuk menyimpan sampah kelas berupa sampah plastik dan juga sampah kertas. Pada hari sabtu sampah yang ada di sak tersebut akan ditimbang, dan  dibukukan saldonya. Adapun teller yang melakukan penimbangan dan pembukuan adalah , Dyah Novitasari X AP, Ratna Rukmana dan Elvi X TKJ, April dan Rika X AP. Untuk Pencairan keuangan akan dilakukan tiap penerima raport atau 6 bulan sekali, adapun keuangan akan diserahkan pada bendahara kelas untuk di jadikan uang kas kelas, penggunaan uang tersebut diserahkan sepenuhnya kepada  anggota kelas untuk keperluan kelas.

Sampai saat ini bank sampah citra gemilang memberikan konstribusi positif bagi sekolah, adapaun konstribusi positif nya adalah;

  1. Komitmen untuk menjaga kebersihan Sekolah tetap ada.
  2. Terasahnya jiwa wirausaha dan tanggung jawab diantara siswa
  3. Semakin tingginya rasa kepedulian lingkungan oleh warga sekolah

Kendala yang sering ditemui dalam Bank Sampah Citra Gemilang SMK PGRI 1 Ngawi diantaranya;

  1. Kesulitan dalam mencari kader
  2. Menanamkan jiwa kepedulian terhadap lingkungan
  3. Mindsite warga sekolah akan manfaat sampah yang masih kurang

Dalam perjalanannya Bank Sampah Citra Gemilang SMK PGRI 1 Ngawi mempunyai tujuan yaitu pada akhirnya Bank Sampah Citra Gemilang SMK PGRI 1 Ngawi mampu mandiri dan manfaat kesejahteraan bersama.  Komitmen dan pelaksanaan yang berkesinambungan menjadikan para kader berkerja lebih giat lagi untuk menjaga kebersihan kelas, dan mensejahterakan nasabah.

Untuk meningkatkan pengetahuan akan pemanfaatan sampah, Bank Sampah Citra Gemilang melaksanakan acara Seminar “ Seminar dan Workshop “ Peran Pemuda Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup Dan Meningkatkan Jiwa Entrepreneurship oleh Osis Masa Bakti 2013-2014 pada tanggal 22 april 2014 di aula SMK PGRI 1 Ngawi. Helatan acara tersebut di isi oleh nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Ngawi dan Praktisi Pengrajin Daur Ulang Sampah Koperasi Srikandi, Kedunggalar Ngawi. Pastinya acara ini memberi output yang baik untuk siswa.

Semoga menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam GRISA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: